Fungsi pencarian data
Apa Itu Fungsi PENCARIAN?
Fungsi pencarian di Excel berarti mereferensikan sel untuk mencocokkan nilai di baris atau kolom lain dengan sel tersebut dan dengan demikian mengambil hasil yang sesuai dari baris dan kolom masing-masing.
Dalam proses pencarian dan menampilkan data, kita tidak terbatas
hanya menggunakan fungsi-fungsi pada kelompok “Lookup &
Reference” saja, melainkan bisa menggabungkan dengan bantuan
fungsi lain di luar kelompok ini.
Fungsi-fungsi yang sering digunakan saat menyusun formula Lookup.
Reference” saja, melainkan bisa menggabungkan dengan bantuan
fungsi lain di luar kelompok ini.
Fungsi-fungsi yang sering digunakan saat menyusun formula Lookup.
- CHOOSE Menghasilkan nilai tertentu dari tabel berdasarkan argumen-argumen yang ada, yang jumlahnya bisa mencapai 1 hingga 29 buah .
- HLOOKUP Pencarian secara menyamping pada sebuah tabel yang berbentuk horizontal.
- IF Menghasilkan nilai tertentu jika kondisi yang disyaratkan terpenuhi.
- IFERROR* Jika argumen pertama menghasilkan ERROR, argumen kedua akan mengevaluasi kembali dan menampilkan hasilnya.
- INDEX Menghasilkan nilai dari sebuah tabel atau suatu range data.
- LOOKUP Menghasilkan nilai dari suatu baris atau kolom yang terdapat dalam sebuah range. Selain itu, dapat juga bekerja seperti pada fungsi VLOOKUP, hanya tidak bisa menghasilkan nilai dari kolom terakhir.
- MATCH Menghasilkan posisi relatif dari suatu item dalam suatu range yang cocok dengan suatu nilai tertentu.
- OFFSET Menghasilkan alamat pada suatu range, dimana alamat yang disebutkan itu berupa baris ke berapa atau kolom ke berapa dari suatu sel yang dicari.
- VLOOKUP Untuk pencarian informasi dalam data secara vertikal
bentuk dari rumus Vlookup adalah sebagai berikut :
artinya =VLOOKUP(nilai yang dibaca,tabel pembacaan, nomor index kolom)
bentuk dari rumus Hlookup adalah sebagai berikut :
artinya =HLOOKUP(nilai yang dibaca,tabel pembacaan, nomor index baris)
HASIL VLOOKUP
Hasil vlookup pada tugas yang diberikan


Komentar
Posting Komentar